Jumat, 13 Juni 2008

Vitamin F ??

Pernah dengar vitamin F? Selama ini vitamin yang familier di telinga kita hanya vitamin A, B, C, D, E, dan K. Ternyata ada sebuah vitamin lagi yang jarang terdengar keberadaannya bagi sebagian besar orang. Vitamin F. Ya, vitamin ini memang tidak sepopuler saudara-saudaranya, tapi sama seperti saudaranya yang lain, vitamin ini memiliki manfaat yang tidak boleh disepelekan. Karena itu, mari kita mulai sedikit pembahasan mengenai vitamin ini.


Dari sumber yang saya baca, dikatakan bahwa vitamin F terdiri dari dua jenis asam lemak, yaitu asam linoleat (Linoleic acid/LA) dan asam alfa-linoleat (Alpha-linoleic acid/LNA). Kedua vitamin ini diperlukan tubuh dalam masa pertumbuhan, menjaga membran sel, mengefektifkan sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan sistem hormonal. Selain itu vitamin ini juga menjaga kecantikan kulit, kuku, dan rambut.

Hmm, banyak juga ya manfaatnya? Terus dimana dong kita bisa menemukannya? Vitamin F banyak terkandung di dalam biji-bijian (wijen,biji bunga matahari), kacang-kacangan (walbut, almond), dan padi-padian (havermut, beras merah, sereal). Sayang, banyaknya pengolahan kimia yang dilakukan oleh industri pengolahan pangan membuat kandungan vitamin F pada bahan makanan tersebut menurun.

Berbagai dampak yang biasa timbul akibat kekurangan vitamin F ini antara lain ganguan/kerusakan jantung, ginjal, hati, kerontokan rambut, penyakit kulit, gangguan penglihatan, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan produksi keringat yang berlebih.
Wah, ternyata untuk hidup sehat kita tidak boleh melupakan saudara kita yang satu ini. Maka dari sekarang mari seimbangkan gizi kita dengan asupan vitamin F, terutama dari bahan-bahan yang alami.

Tidak ada komentar: